ruangrupa
presents

"WORKSHOP PENULISAN SENIRUPA"

Workshop Penulisan Senirupa akan kembali diadakan oleh ruangrupa. Ini merupakan workshop penulisan yang kedua setelah yang pertamakalinya pada tahun lalu.

Workshop akan berlangsung selama 12 hari sejak Senin, 15 Juni s/d Sabtu, 27 Juni 2009 mulai pukul 10.00 pagi sampai pukul 16.00 petang di ruangrupa, Jl. Tebet Timur Dalam Raya no.6, Jakarta Selatan. Acara workshop ini berupa pelatihan tentang penulisan senirupa baik itu kritik, resensi maupun laporan jurnalisme serta kajian atas budaya visual. Workshop ini akan berupa kuliah singkat dan diskusi interaktif antar peserta dengan 5 orang mentor dan 1 orang pengamat kebudayaan. Para mentor adalah sosok yang sudah dikenal memiliki integritas di dalam bidang mereka masing-masing, terdiri dari kritikus, pengamat budaya dan jurnalis.

Workshop yang sama tahun lalu diisi oleh : Agung Hujatnikajennong (kurator dan pengajar Seni Rupa ITB), Bambang Sugiharto (Pengajar Ilmu Filsafat Universitas Parahyangan), Aminuddin TH. Siregar (Kurator dan Pengajar Seni Rupa ITB), Farah Wardani (Direktur Indonesian Visual Art Archive) dan Irwan Ahmett (Seniman dan Perancang Grafis). Peserta untuk workshop ini diutamakan memiliki latarbelakang pendidikan sosial-budaya yang beragam, namun punya minat yang kuat terhadap persitiwa seni dan budaya, khususnya senirupa dan budaya visual.

Workshop ini sifatnya terbatas, hanya terbuka untuk 10 peserta dan tidak memungut bayaran. Peserta workshop akan diseleksi berdasarkan tulisan-tulisan yang dikirimkan ke ruangrupa beserta syarat pendaftaran lain. Hasil akhir workshop ini akan dimuat di sebuah situs baru berisikan tulisan-tulisan tentang seni rupa dan budaya visual. Situs ini akan dikelola oleh ruangrupa dan menjadi media yang secara berkelanjutan dan dapat berkembang terus dimana para peserta menjadi kontributor. Situs ini akan menjadi situs bersama antarpeserta workshop setelah workshop berakhir.

Persyaratan pendaftaran:

1. Usia peserta antara 21 - 30 tahun
2. Mengirimkan contoh tulisan (minimal 3 karya tulisan, bisa berupa esai, reportase, ulasan, fiksi, dll)
3. Mengirimkan CV
4. Memiliki minat terhadap seni rupa/budaya visual

Kirimkan data-data persyaratan di atas ke: info@ruangrupa.org
Atau via pos sebelum 10 Juni 2009 ke:

ruangrupa
Tebet Timur Dalam Raya no.6
Jakarta Selatan
12820
INDONESIA

Untuk info lebih jelas, hubungi:
ruangrupa:
p/f: +62-(0)-21-8304220
m: +62-(0)-815.13.808.505
c/p:Julia Sarisetiati / Mirwan Andan
e: info@ruangrupa.org
w: www.ruangrupa.org


(..back..)