Wednesday, 12 September 2007 (19.30)
at
ruangrupa
kapasitas ruangan untuk 50 orang [gratis]

THE BATTLE OF ALGIERS
[1966 / 121 minutes / BW / in French and Arabic with English subtitles]
Director: Gillo Pontecorvo [Italy]

Lewat film The Battle of Algiers (La bataille d'Alger) -- salah satu film politis yang paling berpengaruh dalam sejarah -- sutradara Gillo Pontecorvo menghadirkan sebuah momen penting dalam sejarah rakyat Aljazair untuk memperjuangkan kemerdekaannya dari penjajahan Prancis, yaitu masa 1954 - 1957.
Film ini memperlihatkan adu strategi antara dua kubu yang berlawanan, dengan tokoh Ali La Pointe (Brahim Haggiag) dari FLN (National Liberation Front), yang menjadi symbol perlawanan Aljazair, dan Colonel Mathieu (Jean Martin) sebagai komandan pasukan Prancis yang bertugas menghancurkan pergerakan kelompok nasionalis FLN.
Dibuat dengan tehnik sinematografi yang genial, menggunakan gaya dokumenter dalam memvisualkan adegan-adegan tembak-menembak di jalan-jalan di Casbah, aksi-aksi serangan teroris lewat taktik gerilya dan bom yang ditanam di café oleh para perempuan anggota pergerakan, juga metode investigasi dari prajurit Prancis untuk membongkar organisasi FLN.
Setelah hampir 40 tahun dari waktu dirilisnya, film ini tetap memperlihatkan relevansinya dengan keadaan opresi kolonial masa sekarang, dan dijadikan sebagai studi kasus perang modern.
Kehebatan The Battle of Algiers sebagai sebuah karya sinema turut diperkuat oleh casting mengagumkan yang hampir semuanya diperankan oleh orang-orang biasa non aktor, dan soundtrack yang impresiv menambahkan suasana dramatis dari komposer Enrico Morricone dan Pontecorvo sendiri.



(..back..)